Tuesday, January 09, 2007

Tugas seorang ibu adalah...



Lagi musim ulangan akhir semester nih buat anak-anak. Euleuh, ga kebayang, anak saya yang dulunya masih suka ditimang-timang udah mule berkutat dengan buku-buku untuk UASnya. Sebagai ibu (yang baru menuju) yang baik, saya harus telaten mendampingi sulung saya Jihad mantengin pelajarannya, dan menciptakan suasana biar ga bosen.

Seperti biasa, setelah pada kenyang makan malam dan mule kumpul-kumpul, Jihad kasak kusuk nyari buku PKPns. Saya liatin ajah deh dia mule ngebongkar lokernya. Akhirnya dengan senyum yang tersungging dia nyante jalan kearah saya, terus “kita belajar PKPnS ya Mi”…”Ok deh!”…jadi deh, Jihad baca-baca sambil cengar cengir, becanda, ketawa-ketiwi sambil terus nerusin bacaannya. Abi yang dari tadi ngebecanda’in, tertarik nih pengen ngetes Jihad, then…

Abi : “A’ dites sama abi ya? Tapi A’a ga boleh liat buku, kan udah baca”
Jihad : “Iya…Insya Allah”
Abi : “Coba sebutkan kegiatan setelah pulang sekolah?”
Jihad : “Bla…bla…bla…”
Abi : “Ok seratus buat A’a. Lalu sebutkan tugas seorang ibu dirumah?”
Jihad : “Emmm…apa ya Mi?”
Ummi : “Ko nanya Ummi, hayuu jawab atuh!”
Jihad : “Tau…tau, tugas ibu dirumah…emmm, membuat kue, membuat kue kering, membuat masakan yang enak”
Abi : *ketawa sambil lirik ummi*
Ummi : *sambil nahan ketawa* “A’a ngeledek ummi yeuh? Maksud abi tugas ibu yang ada dalam buku Nak”
Jihad : “Apa sih bi? Kan ummi adalah seorang ibu, dan ummi biasa ngerjain yang A’a sebut kan?”
Ummi : “#$%$&*^(*^^$##$%&^&%^”

Kalu ade? Lain lagi. Klu saya sedang asyik didapur, ade pasti nyamperin saya, terus :”Hemmm…oweh ade mau!” (Ade mau kueh), atau :”Mi asyak ade!” (Mi, ade masak!).

Ternyata emang bener ya, orang tua adalah contoh dan panutan anak. Dan yang ga kalah penting, anak itu adalah poto copy dari orang tua itu sendiri.

Jadi, waspadalah, waspadalah! Karena setiap gerak tindak tanduk kita sebagai orang tua akan dijadikan cermin bagi sianak sendiri.

1 a little note:

Luky said...

Rien..betul apa yang dikau katakan. Bahwa anak akan meniru tindak tanduk yang ada dilingkungan terdekatanya...kapan kapan kalo rien punya waktu, boleh gak aku diskusi via YM bisa gak??konsultasi pribadi nih...jika tidak keberatan ya. Tks