Tuesday, January 02, 2007

Riny Handriaty Hanafiah aka Rien=Rino

Suatu pagi ditahun 1996, dialog diruang pendadaran, ujian materi skripsi. Saya dengan make rok hitam (yang bener-bener bikin ribet karena bisa diitung jari kalu make…), sepatu hitam yang berhak 3cm dan sempet jatuh diparkiran, gegara ga biasa make, sakit sih enggak, malunya itu loh!. Diruangan terdiri dari 3 orang dosen penguji (DOJI), 2 orang dosen pembimbing (DOLI) dan saya sendiri, korban yang bakal babak belur dicecer sama pertanyaan-2 seperti ini :

Doli : “Silahkan kepada tim penguji untuk memberi pertanyaan”
Saya: *berdegup kencang ni jantung, takut ada dosen yg iseng ngasi pertanyaan yang ngelantur gitu loh*
Doji : “Ok, sebelum masuk materi skripsi yang anda sudah paparkan, saya ingin bertanya dulu siapa nama lengkap anda?”
Saya: “Riny Handriaty Hanafiah”
Doji : “Apa artinya dan kenapa orang tua anda memberi nama tersebut?”
Saya: *eng ing eng sambil lirik doli, ternyata mereka mengangguk, yang artinya: jawab pertanyaan noh!* “Nama saya adalah perpanduan antara nama ibu dan papah saya. Riny adalah nama ibu, sedangkan Han adalah nama papah, perpaduan nama mereka menandakan bahwa saya adalah harapan dari kasih sayang mereka yang insya Allah tetap lurus dan berbudi pekerti yang baik.”

Sumpe deh! Jawabannya langsung muncul ajah dari otak saya yang penuh dengan teori skripsi. Gimana ga? Laaa…mana nyangka saya bakal dikasi pertanyaan tentang nama. Sedangkan berbulan-bulan saya berkutat dengan penyusunan materi, cari laporan sampai uji coba hipotesa. Tapi, itulah kekuasaan tim Doji, ga dijawab bisa-2 saya ga lulus pendadaran. *sigh*

Jadi, memang bener nama saya Riny Handriaty Hanafiah, lebih tepatnya, nama saya yang asli atau punya saya sendiri adalah “DRIATY”. Dari bayi, saya mengalami yang namanya gonta ganti nama dengan satu alasan. Dari “RINY APRILIA” menjadi “RINY AMBARSARI”, then berubah dan tetap sampe sekarang adalah seperti yang sudah ditanyakan oleh tim DOJI. Alasanya simpel banget, bokap ga mau klu ga ada nama doi dinama saya. Tersanjung saya. Berarti jawaban saya untuk Doji pas kan?

Panggilan untuk saya pun beragam. Kecilnya saya dipanggil “Neng” (sampe sekarang), sama temen-2 bokap “Reni”, temen-2 sekolah suka nulis nama saya dengan “Reenee” ato “Rien”, dan temen-2 kerja saya, dengan mesra suka teriak “RINO!”. Just fine untuk saya. Sah-sah ajah. Kalu sekarang saya lebih fasih nulis dengan “Rien Pratomo”, embel-embel belakang itu nama suami. Dulunya sempet diprotes eyang uti, begini nih “Ko pake pratomo? Harusnya pake Martodihardjo kan?”…waduh, seneng juga eyang uti menyarankan untuk make nama eyang kakung yang juga diturunkan sama anak cucunya, tapi cukup “pratomo” aja, ehem…ehem…matur nuwun mbah uti….
Sedangkan RINO, itu gegara, duluuuu, ketika saya kerja dan berteman dengan hubby, saya diolokin sama temen-2 saya “No, elu tinggal gabung tuh dengan warkop, kan udah ada Indro, jadi Dono Kasino Indro plus Rino!". Hahhhh!!! Soalnya nama hubby Indro Pratomo Martodihardjo. Serba ‘O’, jadi sebaiknya menyesuaikan menjadi Rino, wakakakak…

Jadi, cukup panggil saya Rien, atau Rino. Kedengerannya lebih manis.

0 a little note: